Modul Bahasa Matematika Kelas 7 kurikulum Merdeka terbaru - Catatan Reza

Breaking

Senin, 07 Agustus 2023

Modul Bahasa Matematika Kelas 7 kurikulum Merdeka terbaru


Gambar : Modul Bahasa Matematika Kelas 7 kurikulum Merdeka

Berikut ini adalah contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk mata pelajaran Matematika dengan tema "Merdeka Belajar" untuk kelas 7. RPP ini dirancang untuk mendorong siswa menjadi lebih mandiri dalam memahami dan menerapkan konsep-konsep matematika secara kreatif. Harap diingat bahwa RPP ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kurikulum di daerah Anda.


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) - Merdeka Belajar Matematika - Kelas 7

I. Identitas RPP

  • Mata Pelajaran: Matematika
  • Kelas: VII (Kelas 7)
  • Durasi: ... jam pelajaran (sesuaikan dengan kebutuhan)

II. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

  1. Kompetensi Inti:

  • KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  • KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, percaya diri, dan gotong royong.
  • KI-3: Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan yang dimiliki dalam konsep dan prosedur matematika, IPA, IPS, dan bahasa Indonesia, serta menerapkan untuk memecahkan masalah dalam berbagai bidang kehidupan.
  • KI-4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. 
        2. Kompetensi Dasar Matematika:

  • 7.1.1 Menentukan urutan, pola bilangan, dan deret bilangan serta merumuskan aturan berdasarkan pola yang ditemukan.
  • 7.1.2 Memahami sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
  • 7.2.1 Memahami konsep nilai mutlak pada bilangan.
  • 7.2.2 Menentukan nilai mutlak pada bilangan dan bentuk hubungannya dengan jarak.

III. Indikator Pencapaian Kompetensi

  • Siswa mampu menentukan urutan, pola bilangan, dan deret bilangan serta merumuskan aturan berdasarkan pola yang ditemukan.
  • Siswa mampu memahami sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
  • Siswa mampu memahami konsep nilai mutlak pada bilangan.
  • Siswa mampu menentukan nilai mutlak pada bilangan dan bentuk hubungannya dengan jarak.

IV. Tujuan Pembelajaran

  • Memahami dan menerapkan konsep urutan, pola bilangan, dan deret bilangan dalam pemecahan masalah.
  • Memahami dan menerapkan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
  • Memahami konsep nilai mutlak pada bilangan dan mampu menentukan nilai mutlak pada bilangan serta menghubungkannya dengan jarak.
  • Menumbuhkan kemandirian dalam memecahkan masalah matematika dan menggunakan konsep matematika dalam situasi sehari-hari.

V. Materi Pembelajaran

  1. Urutan, Pola Bilangan, dan Deret Bilangan

  • Pengenalan tentang urutan bilangan, pola bilangan, dan deret bilangan.
  • Menemukan pola bilangan dan deret bilangan serta merumuskan aturan berdasarkan pola yang ditemukan.

     2. Sifat-sifat Operasi Hitung pada Bilangan Cacah

  • Mengenal dan memahami sifat-sifat operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada bilangan cacah.
  • Melakukan operasi hitung pada bilangan cacah dengan menerapkan sifat-sifat tersebut.

     3. Konsep Nilai Mutlak pada Bilangan

  • Pengenalan tentang nilai mutlak pada bilangan.
  • Memahami konsep nilai mutlak sebagai jarak suatu bilangan dari nol pada garis bilangan.

VI. Metode Pembelajaran

  • Ceramah singkat oleh guru untuk memperkenalkan konsep dan sifat-sifat matematika.
  • Diskusi dan tanya jawab untuk memahami konsep dan menerapkan dalam pemecahan masalah.
  • Praktek mandiri oleh siswa dalam menemukan pola bilangan dan melakukan operasi hitung.
  • Permainan dan aktivitas kelompok untuk meningkatkan keterlibatan siswa.

VII. Langkah Pembelajaran

  1. Pendahuluan

  • Guru memperkenalkan tema "Merdeka Belajar Matematika" dan tujuan pembelajaran.
  • Guru menjelaskan pentingnya kemandirian dalam memahami konsep matematika dan penerapan dalam situasi sehari-hari.

      2. Pengenalan Materi

  • Guru memaparkan konsep urutan bilangan, pola bilangan, dan deret bilangan.
  • Siswa diberi contoh pola bilangan dan deret bilangan untuk diidentifikasi dan merumuskan aturan.

     3. Praktik Mandiri

  • Siswa mencari pola bilangan dan deret bilangan dalam kelompok.
  • Setelah menemukan pola, siswa merumuskan aturan berdasarkan pola yang ditemukan.

    4. Pengenalan Materi Selanjutnya

  • Guru memaparkan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
  • Guru memberikan contoh kasus untuk melakukan operasi hitung dengan menerapkan sifat-sifat tersebut.

   5. Praktik Mandiri

  • Siswa berlatih melakukan operasi hitung pada bilangan cacah dan memahami sifat-sifat yang terlibat dalam operasi tersebut.

   6. Pengenalan Materi Selanjutnya

  • Guru memaparkan konsep nilai mutlak pada bilangan dan mengaitkannya dengan jarak suatu bilangan dari nol pada garis bilangan.
  • Siswa diminta untuk memahami nilai mutlak sebagai jarak bilangan dari nol.

   7. Diskusi dan Tanya Jawab

  • Siswa berdiskusi tentang hasil temuan dalam menemukan pola bilangan dan melakukan operasi hitung.
  • Siswa dapat bertanya tentang konsep yang belum dipahami dan guru memberikan penjelasan tambahan.

    8. Penutup

  • Guru mengingatkan tujuan pembelajaran dan hasil yang telah dicapai.
  • Siswa diminta untuk merespons pembelajaran dengan cara menyatakan pemahaman dan kemampuan dalam menemukan pola bilangan, melakukan operasi hitung, dan memahami konsep nilai mutlak.

VIII. Evaluasi

  • Penilaian formatif: Guru mengamati dan mengevaluasi kemampuan siswa selama proses pembelajaran, seperti kemampuan menemukan pola bilangan, melakukan operasi hitung, dan memahami konsep nilai mutlak.
  • Penilaian sumatif: Guru memberikan tugas individu dan kelompok berupa pemecahan masalah yang melibatkan penerapan konsep matematika dalam situasi sehari-hari.

IX. Penutup

Dengan merancang RPP ini, diharapkan pembelajaran Matematika kelas 7 dengan tema "Merdeka Belajar" dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk menjadi lebih mandiri dalam memahami dan menerapkan konsep matematika dalam pemecahan masalah. RPP ini juga diharapkan dapat membantu siswa untuk lebih mengapresiasi pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari dan mengembangkan kreativitas dalam memahami dan menggunakan konsep matematika.

                                                          

                                                                                   ðŸ‘‡ðŸ‘‡ðŸ‘‡

Download : Modul RPP Matematika Kelas 7