Modul Bahasa Inggris Kelas 7 kurikulum Merdeka terbaru - Catatan Reza

Breaking

Senin, 07 Agustus 2023

Modul Bahasa Inggris Kelas 7 kurikulum Merdeka terbaru

    

Gambar : Modul Bahasa Inggris Kelas 7 kurikulum Merdeka 

Berikut ini adalah contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk mata pelajaran Bahasa Inggris dengan tema "Merdeka Belajar" untuk kelas 7. RPP ini dirancang untuk mendorong siswa menjadi lebih mandiri dalam memahami dan menggunakan bahasa Inggris secara aktif dan kreatif. Harap diingat bahwa RPP ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kurikulum di daerah Anda.

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) - Merdeka Belajar Bahasa Inggris - Kelas 7

I. Identitas RPP

·         Mata Pelajaran: Bahasa Inggris

·         Kelas: VII (Kelas 7)

·         Durasi: ... jam pelajaran (sesuaikan dengan kebutuhan)

II. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

  1. Kompetensi Inti:

  •     KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  •     KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, percaya diri, dan gotong royong.
  •      KI-3: Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan yang dimiliki dalam konsep dan prosedur matematika, IPA, IPS, dan bahasa Indonesia, serta menerapkan untuk memecahkan masalah dalam berbagai bidang kehidupan.
  •     KI-4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

2     2. Kompetensi Dasar Bahasa Inggris:

  •      7.1.1 Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari.
  •      7.1.2 Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari.
  •     7.2.1 Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari.  
  •     7.2.2 Merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari.

III. Indikator Pencapaian Kompetensi

  • Siswa mampu memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari.
  • Siswa mampu merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari.
  • Siswa mampu mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari.
  • Siswa mampu merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari.

IV. Tujuan Pembelajaran

  • Memahami dan menguasai konsep dasar bahasa Inggris dalam konteks fungsional pendek.
  • Menerapkan bahasa Inggris dalam komunikasi sehari-hari secara aktif dan kreatif.
  • Menumbuhkan kemandirian dalam belajar bahasa Inggris melalui eksplorasi dan praktik komunikasi.

V. Materi Pembelajaran

1. Greetings and Introductions

  • Pengenalan kata sapaan (greetings) dan pengenalan diri (introductions).
  • Praktik komunikasi sederhana untuk menyapa dan memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.

·    2. Daily Activities 

  • Kosakata dan ungkapan untuk menggambarkan aktivitas sehari-hari.
  • Latihan berbicara tentang kegiatan harian dalam bahasa Inggris.

       3.  Asking for and Giving Directions                       

  •  Kalimat dan ungkapan untuk meminta dan memberikan petunjuk arah.       
  •  Permainan peran untuk berkomunikasi tentang arah dalam bahasa Inggris.

VI. Metode Pembelajaran

  • Ceramah singkat oleh guru untuk memperkenalkan konsep dan kosakata  baru.
  • Praktik komunikasi dalam berpasangan atau kelompok kecil.
  • Permainan dan aktivitas kelompok untuk meningkatkan interaksi dan partisipasi siswa.
  • Diskusi dan tanya jawab untuk memahami dan merespon teks lisan dan tulis.

VII. Langkah Pembelajaran

      1. Pendahuluan

  • Guru memperkenalkan tema "Merdeka Belajar Bahasa Inggris" dan tujuan pembelajaran.
  •  Guru menjelaskan pentingnya kemandirian dalam belajar bahasa Inggris dan berkomunikasi dengan aktif.

      2. Pengenalan Materi

  • Guru memaparkan kosakata dan konsep dasar dalam greetings dan    introductions.
  • Guru memberikan contoh dialog sederhana dalam bahasa Inggris untuk menyapa dan memperkenalkan diri.

       3. Praktik Komunikasi

  • ·    Siswa berpasangan atau dalam kelompok kecil berlatih menyapa dan memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
  •     Guru memberikan umpan balik dan membantu siswa dalam mengatasi kesulitan.

4     4. Pengenalan Materi Selanjutnya

  • ·    Guru memaparkan kosakata dan konsep dasar tentang daily activities.
  •    Guru memberikan contoh kalimat-kalimat sederhana untuk menggambarkan aktivitas sehari-hari dalam bahasa Inggris.

5     5. Praktik Komunikasi

  •       Siswa berpasangan atau dalam kelompok kecil berlatih berbicara tentang   aktivitas sehari-hari dalam bahasa Inggris.
  •      Guru memberikan umpan balik dan membantu siswa dalam merespon aktivitas teman sekelas.

       6. Pengenalan Materi Selanjutnya

  •      Guru memaparkan kosakata dan konsep dasar tentang asking for and giving directions.
  •     Guru memberikan contoh kalimat-kalimat untuk meminta dan memberikan petunjuk arah dalam bahasa Inggris.

       7. Permainan Peran

  •     Siswa bermain peran untuk berkomunikasi tentang arah dan petunjuk dalam bahasa Inggris.
  •    Guru memberikan umpan balik dan membantu siswa dalam merespon arahan teman sekelas.

        8. Diskusi dan Tanya Jawab

  •     Guru memfasilitasi diskusi tentang pengalaman belajar bahasa Inggris dan kesulitan yang dihadapi siswa.
  •     Siswa dapat bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami dan guru memberikan penjelasan tambahan.

      9. Penutup

  •     Guru mengingatkan tujuan pembelajaran dan hasil yang telah dicapai.
  •     Siswa diminta untuk merespons pembelajaran dengan cara menyatakan pemahaman dan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

VIII. Evaluasi

  •     Penilaian formatif: Guru mengamati dan mengevaluasi kemampuan siswa selama proses pembelajaran, seperti kemampuan menyapa, memperkenalkan diri, dan berkomunikasi tentang aktivitas dan petunjuk arah dalam bahasa Inggris.
  •     Penilaian sumatif: Guru memberikan tugas individu dan kelompok berupa simulasi atau permainan peran untuk menguji kemampuan siswa dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

IX. Penutup

Dengan merancang RPP ini, diharapkan pembelajaran Bahasa Inggris kelas 7 dengan tema "Merdeka Belajar" dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk menjadi lebih mandiri dalam belajar bahasa Inggris dan berkomunikasi dengan aktif. RPP ini juga diharapkan dapat membantu siswa untuk lebih mengapresiasi keberagaman bahasa dan budaya, serta merasa percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris dalam situasi sehari-hari.


                                                         ðŸ‘‡ðŸ‘‡ðŸ‘‡

                          Download :  Modul Bahasa Inggris kelas 7