Modul Ajar ( Kurikulum 2022 ) merupakan implementasi dari alur tujuan pembelajaran ATP yang dikembangkan dari capaian pembelajaran atau disebut CP dengan wajib menyertakan profil pelajar pencasila sebagai sasaran yang di sesuaikan sesuai fase peserta didik.
Modul ini dirancang untuk membantu siswa memahami konsep-konsep dalam Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan pendekatan "merdeka belajar" yang mendorong kemandirian dan pemahaman mendalam. Modul ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kurikulum di tempat Anda.
Judul Modul Ajar: "Merdeka Belajar IPS: Mengeksplorasi Kehidupan Sosial dan Kebudayaan"
I. Identitas Modul
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas: VII (Kelas 7)
Durasi: ... jam pelajaran (sesuaikan dengan kebutuhan)
II. Tujuan Pembelajaran
Memahami konsep dasar dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
Mengembangkan kemandirian dalam memahami kehidupan sosial dan kebudayaan.
Menumbuhkan minat dan semangat untuk terus belajar dan bertanya tentang realitas sosial di sekitar.
III. Materi Pembelajaran
Pengantar Ilmu Pengetahuan Sosial
Pengertian IPS dan bidang studinya (sejarah, geografi, ekonomi, dan sosiologi).
Peran IPS dalam memahami masyarakat dan kebudayaan.
Kehidupan Sosial dan Kebudayaan di Indonesia
Keragaman budaya dan suku bangsa di Indonesia.
Aspek-aspek kehidupan sosial dan kebudayaan: adat istiadat, agama, bahasa, makanan, dan seni budaya.
Peran kebudayaan dalam identitas nasional.
IV. Metode Pembelajaran
Ceramah singkat oleh guru untuk memaparkan konsep-konsep dasar.
Diskusi dan tanya jawab untuk memfasilitasi pemahaman siswa.
Observasi dan penelitian mandiri untuk eksplorasi kehidupan sosial dan kebudayaan di sekitar.
V. Penilaian
Tes tertulis tentang konsep-konsep IPS yang dipelajari.
Penilaian partisipasi dalam diskusi dan observasi.
Penilaian hasil dari penelitian mandiri tentang kehidupan sosial dan kebudayaan.
VI. Sumber Belajar
Buku teks mata pelajaran IPS.
Bahan ajar dari sumber tepercaya seperti video, artikel, atau website pendidikan.
Materi dari instansi pemerintah terkait kebudayaan Indonesia.
VII. Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Memperkenalkan tema "Merdeka Belajar IPS" dan tujuan pembelajaran.
Menjelaskan pentingnya kemandirian dalam memahami realitas sosial dan kebudayaan.
Penjelasan Materi
Guru memaparkan konsep dasar dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
Guru menjelaskan tentang kehidupan sosial dan kebudayaan di Indonesia.
Diskusi dan Tanya Jawab
Siswa diajak untuk berdiskusi dan bertanya mengenai konsep yang dipelajari.
Guru memberikan dukungan dan penjelasan tambahan jika diperlukan.
Observasi dan Penelitian Mandiri
Siswa melakukan observasi kehidupan sosial dan kebudayaan di sekitar mereka.
Siswa melakukan penelitian mandiri tentang suatu aspek kehidupan sosial atau kebudayaan yang menarik minat mereka.
Presentasi Hasil Observasi dan Penelitian
Siswa menyajikan hasil observasi dan penelitian mereka kepada teman sekelas.
Guru memberikan umpan balik dan penguatan terhadap presentasi siswa.
Penutup
Meringkas pembelajaran dan refleksi tentang pengalaman "merdeka belajar."
Mengajak siswa untuk terus menjaga semangat belajar dan eksplorasi realitas sosial di sekitar.
VIII. Evaluasi Diri
Guru dan siswa melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran. Evaluasi diri dapat berupa diskusi atau kuesioner.
Unduh : Modul