Modul TIK Kelas 7 kurikulum Merdeka terbaru - Catatan Reza

Breaking

Senin, 07 Agustus 2023

Modul TIK Kelas 7 kurikulum Merdeka terbaru

 

Gambar : Modul TIK Kelas  7 kurikulum Merdeka terbaru


Modul Ajar ( Kurikulum 2022 ) merupakan implementasi dari alur tujuan pembelajaran ATP yang dikembangkan dari capaian pembelajaran atau disebut CP dengan wajib menyertakan profil pelajar pencasila sebagai sasaran yang di sesuaikan sesuai fase peserta didik.


Berikut ini adalah contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan tema "Merdeka Belajar" untuk kelas 7. RPP ini dirancang untuk mendorong siswa menjadi lebih mandiri dalam memahami dan menggunakan teknologi informasi. Harap diingat bahwa RPP ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kurikulum di daerah Anda.


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) - Merdeka Belajar TIK - Kelas 7


I. Identitas RPP

Mata Pelajaran: Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Kelas: VII (Kelas 7)

Durasi: ... jam pelajaran (sesuaikan dengan kebutuhan)

II. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar


Kompetensi Inti:

KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, percaya diri, dan gotong royong.

KI-3: Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan yang dimiliki dalam konsep dan prosedur matematika, IPA, IPS, dan bahasa Indonesia, serta menerapkan untuk memecahkan masalah dalam berbagai bidang kehidupan.

KI-4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar TIK:

7.1 Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk membuat dokumen sederhana.

7.2 Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk membuat laporan ringkas.

7.3 Mencatat data ke dalam bentuk lembar kerja (worksheet) dan melakukan operasi perhitungan sederhana menggunakan perangkat lunak pengolah angka.

7.4 Menggunakan perangkat lunak presentasi untuk membuat slide presentasi dengan variasi teks, grafik, dan gambar.

7.5 Menyajikan hasil pengolahan angka dan dokumen dalam bentuk presentasi multimedia.


III. Indikator Pencapaian Kompetensi

  • Siswa mampu menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk membuat dokumen sederhana.
  • Siswa mampu menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk membuat laporan ringkas.
  • Siswa mampu mencatat data ke dalam bentuk lembar kerja (worksheet) dan melakukan operasi perhitungan sederhana menggunakan perangkat lunak pengolah angka.
  • Siswa mampu menggunakan perangkat lunak presentasi untuk membuat slide presentasi dengan variasi teks, grafik, dan gambar.
  • Siswa mampu menyajikan hasil pengolahan angka dan dokumen dalam bentuk presentasi multimedia.


IV. Tujuan Pembelajaran

  • Memahami dan menguasai konsep dasar penggunaan perangkat lunak pengolah kata, pengolah angka, dan presentasi.
  • Menerapkan penggunaan perangkat lunak TIK dalam membuat dokumen, laporan, dan presentasi sederhana.
  • Menumbuhkan kemandirian dalam menggunakan teknologi informasi dalam pembelajaran dan aktivitas sehari-hari.

V. Materi Pembelajaran

1. Pengenalan Perangkat Lunak Pengolah Kata

  • Fungsi dan kegunaan perangkat lunak pengolah kata.
  • Menjalankan perangkat lunak pengolah kata dan mengenal antarmuka pengguna.

2. Membuat Dokumen Sederhana

  • Membuat, menyimpan, dan membuka dokumen menggunakan perangkat lunak pengolah kata.
  • Mengetik teks, mengatur paragraf, dan menggunakan fitur formatting dasar.

3. Pengenalan Perangkat Lunak Pengolah Angka

  • Fungsi dan kegunaan perangkat lunak pengolah angka.
  • Menjalankan perangkat lunak pengolah angka dan mengenal antarmuka pengguna.

4. Membuat Laporan Ringkas

  • Membuat, menyimpan, dan membuka lembar kerja (worksheet) menggunakan perangkat lunak pengolah angka.
  • Mengisi data dan melakukan operasi perhitungan sederhana.

5. Pengenalan Perangkat Lunak Presentasi

  • Fungsi dan kegunaan perangkat lunak presentasi.
  • Menjalankan perangkat lunak presentasi dan mengenal antarmuka pengguna.

6. Membuat Slide Presentasi Sederhana

  • Membuat, menyimpan, dan membuka presentasi menggunakan perangkat lunak presentasi.
  • Menambahkan teks, gambar, dan grafik ke slide presentasi.

VI. Metode Pembelajaran

  • Ceramah singkat oleh guru untuk memperkenalkan konsep dan fungsi perangkat lunak.
  • Demonstrasi oleh guru untuk mengajarkan langkah-langkah penggunaan perangkat lunak.
  • Praktek mandiri oleh siswa dalam membuat dokumen, laporan, dan presentasi sederhana.
  • Diskusi dan tanya jawab untuk memahami konsep yang dipelajari.

VII. Langkah Pembelajaran

1. Pendahuluan

  • Guru memperkenalkan tema "Merdeka Belajar TIK" dan tujuan pembelajaran.
  • Guru menjelaskan pentingnya kemandirian dalam menggunakan teknologi informasi.

2. Pengenalan Materi

  • Guru memaparkan konsep dasar dan fungsi perangkat lunak pengolah kata.
  • Guru memberikan contoh penggunaan perangkat lunak pengolah kata dalam pembuatan dokumen sederhana.

3. Demonstrasi dan Praktek Mandiri

  • Guru melakukan demonstrasi langkah-langkah membuat dokumen sederhana menggunakan perangkat lunak pengolah kata.
  • Siswa melakukan praktek mandiri dalam membuat dokumen sederhana.

4. Pengenalan Materi Selanjutnya

  • Guru memaparkan konsep dasar dan fungsi perangkat lunak pengolah angka.
  • Guru memberikan contoh penggunaan perangkat lunak pengolah angka dalam pembuatan laporan ringkas.

5. Demonstrasi dan Praktek Mandiri

  • Guru melakukan demonstrasi langkah

  1. Demonstrasi dan Praktek Mandiri (lanjutan)

  • Guru melakukan demonstrasi langkah-langkah membuat laporan ringkas menggunakan perangkat lunak pengolah angka.
  • Siswa melakukan praktek mandiri dalam membuat laporan ringkas.

   2. Pengenalan Materi Selanjutnya

  • Guru memaparkan konsep dasar dan fungsi perangkat lunak presentasi.
  • Guru memberikan contoh penggunaan perangkat lunak presentasi dalam pembuatan slide presentasi sederhana.

  3. Demonstrasi dan Praktek Mandiri

  • Guru melakukan demonstrasi langkah-langkah membuat slide presentasi sederhana menggunakan perangkat lunak presentasi.
  • Siswa melakukan praktek mandiri dalam membuat slide presentasi sederhana.

4. Diskusi dan Tanya Jawab

  • Siswa berdiskusi tentang pengalaman dan kesulitan yang dihadapi selama proses pembelajaran.
  • Guru memberikan penjelasan tambahan dan membantu memecahkan masalah yang dihadapi siswa.

5. Penutup

  • Guru mengingatkan tujuan pembelajaran dan hasil yang telah dicapai.
  • Siswa diminta untuk merespons pembelajaran dengan cara menyatakan pemahaman dan keterampilan yang telah diperoleh.

VIII. Evaluasi

  • Penilaian formatif: Guru mengamati dan mengevaluasi kemampuan siswa selama proses pembelajaran, seperti ketepatan dalam menggunakan perangkat lunak, pemahaman konsep, dan keterampilan dalam membuat dokumen, laporan, dan presentasi.
  • Penilaian sumatif: Guru memberikan tugas individu untuk membuat dokumen, laporan, dan presentasi sederhana. Penilaian ini akan melibatkan hasil karya siswa dan presentasi di depan kelas.

IX. Penutup

Dengan merancang RPP ini, diharapkan pembelajaran TIK kelas 7 dengan tema "Merdeka Belajar" dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk menjadi lebih mandiri dalam menguasai teknologi informasi dan menerapkan konsep-konsep pengolahan kata, angka, dan presentasi. RPP ini diharapkan juga dapat membantu siswa untuk memiliki keterampilan dan pemahaman yang lebih baik dalam menggunakan perangkat lunak TIK dalam kegiatan sehari-hari dan pembelajaran di masa depan. 

modul dapat didownload link dibawah :

                                                                👇👇👇

                                     DownloadModul TIK Kelas 7